Bupati Kotim ke Desa Pelantaran Mengunjungi Lokasi Lahan Bermasalah: Jangan Sampai Terjadi Tindak Kekerasan antar Sesama Masyarakat

  • Apr 02, 2024
  • Agus Singgih Prayogi

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H. Halikinnor, SH., MM bersama dengan Kapolres Kotim AKBP Sarpani, Dandim 1015 Sampit Letkol Inf Muhammad Tandri Subrata turun langsung ke Desa Pelantaran untuk meninjau ke lokasi lahan yang bermasalah, Minggu (31/03/2024).

Bupati Kotim beserta rombongan menemui langsung masyarakat yang berada di sekitar lokasi lahan tersebut untuk memberikan himbauan agar tidak terjadi tindak kekerasan antar sesama.

“Kami menyampaikan beberapa himbauan kepada masyarakat yang telah berjaga supaya mereka jangan sampai ada terjadinya hal hal yang sifatnya kekerasan,” Tegas Bapak Bupati.

Bapak Bupati juga memerintahkan untuk memasang plang peringatan bahwa lahan tersebut masuk kawasan hutan atau masih milik negara.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.
Saat ini kedua belah pihak masih menunggu putusan berkekuatan hukum tetap terkait kepemilikan lahan tersebut.

“Memang mereka sudah mengajukan kepemilikan lahan ke pemerintah pusat, namun karena masih belum ada inkrah artinya lahan tersebut masih ilegal,” Jelasnya.

Turut hadir juga pada pertemuan tersebut Sekretaris Daerah Kotim H. Fajrurrahman, Asisten II bidang perekonomian dan pembangunan setda kotim Alang Arianto, Kepala DPMPTSP Diana Setiawan, Camat Cempaga Hulu Gusti Mukafi, dan Kepala Desa Pelantaran Ir.Sumantri.